Total Pageviews

Monday 14 March 2016

kebun teh semugih MOGA, PEMALANG


Kebun teh identik dengan kawasan Puncak Bogor. Pemandangan yang indah dengan hamparan dedaunan hijau sepanjang jalan cocok sekali bagi kalian yang ingin sejenak meninggalkan ibukota dan me-refresh pikiran, hehe, maaf agak lebay. Puncak memang salah satu lokasi wisata favorit bagi warga Ibukota dan sekitarnya.


Di kawasan yang datarannya tinggi memang di beberapa lokasi di tanah air dimanfaatkan untuk perkebunan teh termasuk di area sekitar lembah Gunung Slamet yang melingkupi perkebunan di beberapa kabupaten seperti PT. Perkebunan Teh Tambi di Kabupaten Wonosobo, PT. Perkebunan Teh Jolotigo di Kabupaten Pekalongan, dan PT Perkebunan Teh Kaligua di Kabupaten Tegal.. Khusus di Pemalang, perkebunan teh dapat kita jumpai di Perkebunan Teh Semugih di Desa Banyumudal, Kecamatan Moga.
Jalan di Kebun Teh Semugih
Perkebunan yang teh yang dikelola oleh PTPN IX ini memiliki luas sekitar 400 hektar. Meski demikian, menurut beberapa sumber yang Masmin baca, beberapa bulan lalu, hanya sekitar 280 hektar yang mampu berproduksi. Sisanya masih dalam tahap regenerasi.

Image result for kebun teh moga
Selain Kebun Teh, di perkebunan Semugih ini juga dilengkapi pabrik teh. Ini difungsikan untuk mendukung produksi teh yang melimpah di perkebunan semugih ini. Hasil olahan teh yang dihasilkan dari pabrik ini dikirim ke beberapa daerah di Jawa Tengah. Bahkan setelah Masmin baca di inilah.com peruntukannya 90% untuk ekspor sedangkan 10% untuk kebutuhan teh dalam negeri. Negara tujuan eksport teh Semugih antara lain Amerika, Inggris, Rusia, dan Pakistan.
Pabrik Teh Hitam Kebun Teh Semugih


Dari uraian Masmin di atas dapat disimpulkan bahwa selain mengunjungi kebun teh, kita juga dapat melihat langsung proses pembuatan teh hitam yang ada di pabrik teh hitam Semugih ini. Eits, tidak Cuma itu loh. Di kebun teh Semugih ini telah dilengkapi dengan mess yang dapat digunakan untuk menginap. Jumlahnya ada 17 kamar juga telah dilengkapi dengan aula, lapangan tenis, lapangan voli, lapangan sepak bola, tempat camping, dan pabriknya dengan jalan raya hanya beberapa meter (sekitar 200 meter saja) cocok untuk kegiatan wisata edukasi. Dan yang lebih seru di sini juga dilengkapi dengan fasilitas outbond seperti flying fox, jembatan gantung dan lain-lain.

Kebun Teh Semugih
Di sekitar perkebunan teh Semugih ini pada tanggal 9 Januari 2012 Pondok Wisata Simadu sebagai salah satu unit produksi SMK Pariwisata Liberty Pemalang. tempatnya asyik dan sehat untuk bermalam, dengan suguhan makanan khas tradisional dan suara alam akan menjadi kenangan tidak terlupakan, hehe.

Sudah kebayang kan bagaimana serunya berwisata ke Kebun Teh Semugih ini? Lantas, bagaimana kita dapat sampai ke lokasi kebun teh ini? Dari Pertigaan Moga ambil arah kiri (jika ke kanan ke arah Guci). Dari pertigaan tersebut ke kiri terus melalui jalan tanjakan. Setelah kurang lebih 1,5 km baru deh sampai di perkebunan ini.

No comments:

Post a Comment