Total Pageviews

Friday 29 January 2016

Surga yang tersembunyi di Pemalang

  kota Pemalanag memang jarang sekali dikenal oleh kalangan luar termasuk wisata wisatanya mungkin karna kota Pemalang belum bisa menjadi kota yang maju, maka dari itu sebagai wujud rasa cinta saya terhadap kota Pemalang berikut saya akan share 12 Wisata Pemalang yang bisa dikunjungi. 

1. Pantai Widuri Pemalang

Pantai Widuri terletak ± 3Km dari utara kota Pemalang. Pantai Widuri merupakan
obyek Wisata Pantai berhawa sejuk, meskipun air di pantai widuri tidak sebiru dan sebening dan sejernih pantai pantai lain namun pantai widuri menjadi pantai terfavorit di kota pemalang untuk bersantai dan menikmati panorama sun set yang indah. Dan Pantai Widuri juga merupakan obyek wisata yang pertama kali saya kunjungi pas perpisahan SD :D
Beberapa fasilitas yang ditawarkan di obyek wisata pantai widuri ini adalah track racing, water park dan lain lain.

2. Pantai Blendung

Pantai Blendung terletak di Desa  Blendung Kecamatan Ulujami, Pemalang, Jawa Tengah, Pantai Blendung terletak 27 km di arah timur laut dari  kota Kabupaten Pemalang. Pantai Blendung masih dikelola secara konvensional, di mana orang-orang yang menjadi petugas adalah kepanjang tangan kepala desa, sehingga tata kelola terkesan tidak professional, namun suasana pantai blendung  sangat  tenang dan nyaman untuk bersantai dengan pemandangan pemandangan yang indah terutama pada sore hari. 
Di pantai blendung temen-temen bisa menikmati makanan khas Pemalang yang disajikan di warung warung deket pantai sambil menikmati indahnya pantai.

3. Pantai Raden Joko Tingkir
Photo by. http://nusapedia.com

Obyek Wisata Pantai R. Joko Tingkir terletak di Desa Nyamplungsari Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang atau sekitar 12KM arah timur laut dari Kota Pemalang. Untuk bisa menikmati keindahan dan keasrian Pantai R. Joko Tingkir yang masih alami dapat ditempuh dari pertigaan Pasar Petarukan Jalan Raya Pantai Utara (Pantura) ke arah utara sekitar 7 Kilometer.
Di Pantai R. Joko Tingkir ini masih sangat dibutuhkan pengelolaan yang bagus dan kesadaran pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan.

4. Gunung gajah

Gunung Gajah Terletak ±35 km dari Kota Pemalang ke barat daya. Gunung Gajah memiliki ketinggian sekitar 1.100 mdpl, dinamakan Gunung Gajah karena bentuknya yang mirip seperti seekor Gajah. Disekitar Gunung Gajah masih banyak terlihat jenis monyet yang bergelantungan di pohon-pohon, jika hari menjelang sore bahkan mereka akan turun ke tanah mencari sisa makanan dari pengunjung yang datang.

5. Gunung Mendelem

Gunung Mendelem atau yang dikenal dengan nama Gunung Jimat terletak di Desa Mendelem, Kec.Belik, Kab.Pemalang dengan ketinggian 1.454 Mdpl. Gunung ini sangat cocok untukpara pendaki gunung awam, di bukit gunung mendelem terdapat sebuah pemakaman jadi sangat mistis sekali jika bermalam di situ.
6. Curug Bengkawah

Curug Bengkawah terletak di Desa Sikasur Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang bagian selatan, Curug Bengkawah mempunyai ketinggian ± 20M. Akses menuju ke Curug Bengkawah dari pertigaan Randudongkal Ambil arah Kiri ke Arah Purbalingga ± 200M ada papan nama dan ambil kiri mengikuti arah… kemudian ada papan nama lagi belok kanan menuju persawahan dan ikuti saja jalan setapak yang biasa dilalui oleh para petani atau misalkan bingung bias bertanya sama para petani disitu.


7. Curug Lawang
Foto by. http://airterjuninside.blogspot.com

Curug Lawang merupakan salah satu tempat Wisata di Pemalang berupa curug setinggi ± 12M yang berada di Desa Mendelem, Kecamatan Belik. Lokasi curug lawang terapit diantara bukit-bukit batu yang dikitari oleh panorama alam pegunungan.
Untuk sampai di lokasi curug lawang harus berjalan kaki ± 10KM dari pemukiman warga dengan melewati jalan setapak. Bila kondisi tidak hujan, jalan setapak ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua namun harus berhati-hati karena medan jalan cukup terjal dan berkelok kelok.

8. Curug Barong
Foto by. http://forumsimpurcomunity.blogspot.com

Curug Barong air terjun dengan ketinggian 25 meter dan terletak di desa Gunung Jaya, Kecamatan Belik.Obyek wisata ini memiliki pemandangan alam yang masih asri dan lingkungan alam yang sejuk. Lokasi 51 Km ke arah tenggara Kecamatan Pemalang.

9. Curug Sejajar
Foto by. http://matla.mywapblog.com

Curug Sejajar masih terletak di Desa Badak, Kec.Belik, Kab.Pemalang, ketinggian curug sejajar ini ± 50 M. Perjalanan  ke curug sejajar bisa ditempuh kurang lebih  2,5 Jam saja dengan menggunakan motor. Setelah sampai di Desa Badak temen-temen bias menitipkan Motor kepada Warga setempat dan Mulailah Melakukan Perjalanan kaki yg memakan waktu ±20 Menit untuk Sampai Lokasi Curug Sejajar.
Keberadaan curug sejajar belum banyak diketahui oleh masyarakat Pemalang bahkan warga belikpun belum banyak yang mengetahui. Kenapa dinamakan Curug Sejajar karena Curugnya ada 2 dan sejajar tingginya.

10. Telaga Silating
Foto By. http://www.panoramio.com/user/4061816/tags/pemalang
Telaga silating terletak di Desa  Sikasur Kec. Randudongkal Akses menuju ke Telaga silating searah seperti menuju ke Curug Bengkawah, namun lokasi Telaga Silating lebih dekat dan gampang dijangkau. Pernah sekali Maszal Adventure bermalam disitu karna kemalaman hehehe.

11. Telaga Rengganis
Foto by. http://yusufgsi.blogspot.com
Telaga Rengganis terletak di Kecamatan Watukumpul atau sekitar 60 kilometer dari arah tenggara Kota Pemalang dengan luas sekitar 1hek. Telaga Rengganis akan nampak anggun dengan kondisi air yang masih segar jernih. Pesona Telaga rengganis selain airnya yang jernih juga dihiasi dengan pepohonan pinus dan bukit bukit sehingga membuat suasana sejuk dan pengunjung betah berlama lama disitu. telaga Rengganis sangat cocok buat para pecinta hacking dan camping.

12. Curug Sibedil
Foto by. http://nazhr.blogdetik.com
Curug Sibedil terletak di Desa Sima, Kecamatan Moga, 46 Km dari Kota Pemalang, Curug Sibedil mempunyai ketinggian sekitar 20M,  di dekat curug sibedil terdapat batu dengan bentuk menyerupai bedil mungkin ini sejarah kenapa dinamakan curug sibedil.
Curug Sibedil ini merupakan curug yang boleh dikatakan tersembunyi dan tidak mendapat perhatian dari pemerintah sekitar.


12. Argo Wisata Kebun Teh Semugih

Foto by. https://dahlanakhmad.wordpress.com

Perkebunan Teh Semugih terletak di lereng kaki gunung slamet, desa sidamulya  Kecamatan Moga, sekitar 47 kilometer Selatan Kota Pemalang Perkebunan teh ini menyajikan pemandangan yang indah serta berbagai fasilitas seperti jalan, pondok peristirahatan.

Itulah 12 Wisata Pemalang yang bisa dikunjungi sebagai bahan referensi, sebenarnya masih banyak wisata wisata alami yang terdapat di pemalang namun karna kurangnya perhatian dari masyarakat wisata wisata tersebut tidak terawat seperti :
2. Wisata Air Alami Pemandian Moga

No comments:

Post a Comment